Senin, 29 Mei 2017

Tips Cara Memecahkan dan Menyelesaikan Masalah

Tips Cara Memecahkan dan Menyelesaikan Masalah

Disini saya hanya ingin berbagi tips dan cara yang biasa saya lakukan ketika menjumpai suatu masalah yang kadang dapat membuat kita pusing karena masalah tersebut tidak pernah selesai dan terus menerus menghantui kita,. Keefektifan cara ini bergantung dari masalah macam apa yang sedang kita hadapi,. Tentu saja tidak semua masalah dapat diselesaikan dengan cara saya namun mungkin hal ini dapat membantu,.
Berikut ini adalah beberapa tips dalam memecahkan masalah:
1. Mendefinisikan masalah
Jika Anda memiliki masalah yang cukup menyita fikiran, cobalah untuk sejenak berhenti melakukan aktifitas dan meluangkan waktu untuk memikirkan masalah yang sedang Anda hadapi. Tidak perlu waktu lama, yang pasti Anda harus menjelaskan apa masalah Anda pada diri Anda sendiri. Anda harus tahu kenapa masalah itu mampu menyita fikiran Anda.
Ketika mendefinisikan masalah, jangan menganggap hal-hal yang tidak ada hubungannya, hanya fokus pada masalah yang sebenarnya. Anda dapat mempertimbangkan persoalan-persoalan lain nanti.
2. Cari Akar Permasalahan
Anda juga harus tahu apa akar dari masalah tersebut. Temukan apa yang membuat sebuah hal dapat menjadi masalah bagi diri Anda. Jika Anda tidak tahu apa penyebab masalah Anda, maka masalah ini bisa saja terulang kembali dan bisa saja dengan gejala yang berbeda. Jangan buat waktu Anda untuk memikirkan solusi saat Anda tidak tahu apa akar masalah yang Anda miliki.
3. Fokuslah Pada Solusi
Sebuah solusi yang dapat diterima bisa saja langsung dijalankan sekarang juga. Biasanya solusi dengan kompleksitas tinggi akan tampak lebih unggul dari yang lainnya. Dan Anda bisa menggunakan ini sebagai solusi prioritas dari masalah Anda. Ada pepatah mengatakan bahwa “setiap masalah besar pasti pernah menjadi masalah kecil yang bisa diselesaikan dengan mudah pada waktu itu”. Bahkan solusi yang Anda pilih harus Anda fikirkan ukurannya. Anda harus memiliki cara untuk mengetahui kapan dan apakah masalah ini dapat diselesaikan dengan solusi yang Anda pilih. Solusi dalam sebuah masalah yang kompleks sering memiliki efek samping yang tidak diinginkan atau lebih buruk dari yang diduga.

4. Memiliki rencana
Hal ini penting untuk pemecahan masalah, dan kunci untuk menjaga proses tetap pada jalur serta mencari solusi dalam waktu terpendek. Rencananya akan memecahkan masalah ke dalam masalah yang lebih kecil yang lebih mudah dipecahkan, sampai kita mendapatkan yang tersisa dengan penyebab sebenarnya dari masalah (akar masalah). Saat berfikir mengenai satu masalah, tentu akan ada banyak calon solusi bagi masalah Anda. Anda mungkin hanya memiliki 1 solusi, dan yang lainnya adalah bentuk pengembangan dari solusi tersebut. Namun kualitas dari solusi akan tampak berbanding lurus dengan jumlah solusi yang dipertimbangkan dalam setiap pemecahan masalah.
5. Melaksanakan rencana
Tentu saja ketika Anda memiliki masalah dan sudah yakin dengan solusi maka segera lakukan eksekusinya. Jangan buang waktu, biaya dan tenaga Anda untuk memikirkan hal yang sama dan berharap jauh lebih baik dari solusi sebelumnya. Pastikan Anda memilih dengan tegas. Semakin lama Anda menunda keputusan apa yang harus dilakukan, akan semakin panjang titik masalah yang harus Anda selesaikan.
6. Mengevaluasi hasil
Setelah memilih solusi Anda juga harus berani bertanggung jawab terhadap akibat yang akan didapatkan nantinya. Karena setiap masalah dan setiap keputusan akan memiliki resiko yang harus dipertanggung jawabkan dan dievaluasi.


L. Diyah Setiowati, SE
Author Produktivitas dan Bisnis 

0 komentar:

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html

Posting Komentar